Selamat datang di website Halokapten.com | Website Komunitas Belajar.id Provinsi Kalimantan Selatan

Soal Sumatif Tengah Semester STS Kurikulum Merdeka SD

Soal Sumatif Tengah Semester STS Kurikulum Merdeka SD

Soal Sumatif Tengah Semester STS Kurikulum Merdeka,
atau istilah sebelumnya PTS. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang beragam. Kurikulum Merdeka berfokus pada konten konten yang esensial agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis
pembelajaran yang cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Maka, untuk itulah Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami.

Dalam IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka ) Pendidik menggunakan teknik asesmen yang beragam  sesuai dengan fungsi dan tujuan asesmen. Hasil dari  asesmen formatif digunakan untuk umpan balik pembelajaran, sementara hasil dari asesmen sumatif  digunakan untuk pelaporan hasil belajar.

Asesmen sumatif, yaitu asesmen yang  dilakukan untuk memastikan ketercapaian  keseluruhan tujuan pembelajaran.  Asesmen ini dilakukan pada akhir  proses pembelajaran atau dapat juga  dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih  tujuan pembelajaran, sesuai dengan  pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan.

Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang  pendidikan dasar dan menengah bertujuan  untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran  dan/atau CP peserta didik sebagai dasar  penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan  dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian  hasil belajar peserta didik dilakukan dengan  membandingkan pencapaian hasil belajar  peserta didik dengan kriteria ketercapaian 
tujuan pembelajaran.

Sementara itu, pada pendidikan anak usia dini,  asesmen sumatif digunakan untuk mengetahui 
capaian perkembangan peserta didik dan  bukan sebagai hasil evaluasi untuk penentuan  kenaikan kelas atau kelulusan. Asesmen sumatif  berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan 
dan perkembangan anak. Adapun asesmen sumatif dapat berfungsi 
untuk:
• alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil  belajar peserta didik dalam satu atau lebih 
tujuan pembelajaran di periode tertentu;
• mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian 
yang telah ditetapkan; dan
• menentukan kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya.

Contoh Soal Sumatif Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar

Soal Sumatif : Bahasa Indonesia
Soal Sumatif : Bahasa Inggris
Soal Sumatif : Matematika
Soal Sumatif : IPAS
Soal Sumatif : PPKN
Soal Sumatif : PJOK
Soal Sumatif : PAI dan BP
Soal Sumatif : Seni Musik
Soal Sumatif : Seni Rupa
Soal Sumatif : Seni Tari
Soal Sumatif : Seni Teater

0 Komentar